Berbagai Macam Teknologi Akses Internet

Assalamuaaikum Wr. Wb.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi zaman sekarang memungkinkan kita untuk mengakses internet dengan menggunakan berbagai macam pilihan teknologi yang ada. Masing-masing teknologi mengakses internet dengan berbagai cara. Karenanya, perangkat keran tambahan yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Pada kesempatan ini saya akan membahas berbagai kebutuhan-kebutuhan perangkat keras untuk mengakses internet dengan menggunakan beberapa teknologi. kita mulai aja oke.cekidot

1.  Melalui Koneksi Dial-Up
Jika kita menghubungkan komputer kita ke internet dengan koneksi Dial-Up, ada 2 perangkat tambahan yang kita perlukan, yaitu saluran telepon dan modem.
Saluran telepon dibutuhkan untuk menghubungkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya, ISP tersebuat akan meneruskan koneksi kita ke Internet.
Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirim melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital agar dimengerti komputer.
Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan sauna byte per second (Bps) atau byte per detik. Pada umumnya, kecepatan transfer data modem yang ada di pasaran adalah 56 Kbps (Kilo Bytes Per Second).
Ada 2 jenis modem, yaitu modem Internal dan modem Eksternal. Modem Internal adalah modem yang dipasang langsung di Motherboard. Sedangkan Modem Eksternal adalah modem yang berada di luar CPU. Antara modem eksternal dengan komputer dihubungkan dengan kabel.

2.  Menggunakan Teknologi ASDL (Asymetrical Digital Subscriber)
Dengan menggunakan teknologi ASDL memungkinkan terkirimnya sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frequensi yang berbeda dengan frequensi layanan telepon.
Dengan teknologi ASDL, dapat kita kirimkan sinyal melalui jaringan telepon tanpa mengganggu pelayanan telepon tersebut. Syaratnya, kita harus memiliki modem ASDL, pesawat telepon, dan terdaftar pada ISP yang memiliki layanan ASDL.

3.  Menggunakan Jaringan LAN
Yaitu cara menghubungkan komputer kita ke internet dengan cara menghubungkan komputer kita ke komputer lain yang terhubung ke internet.

4.  Melalui GPRS (General Packet Radio Service)
Yaitu teknologi pengriman data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. Ini adalah pengembangan dari teknologi GSM. Dengan teknologi ini, memungkinkan pengiriman data dengan kecepatan 115 Kbps.

5.  Melalui Jaringan WiFi (Wireless Fidelity)
Yaitu teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frequensi tinggi untuk mengirim data. Frequensi yang digunakan berada pada spectrum 2,4 GHz. Laptop dan PDA biasanya sudah dapat digunakan untuk keperluan ini. Untuk PC biasa dapat melakukannya setelah memasang kartu WiFi (WiFi card).

6.  Mengunakan Jaringan TV Kabel
Yaitu menghubungkan diri ke internet melalui TV. Syaratnya kita harus berlangganan penyedia layanan TV kabel dilengkapi dengan layanan Internet, komputer yang telah dilengkapi dengan operasi browser internet, kabel modem DOCSIS System, modem khusus kabel TV, dan memiliki Ethernet Card.

7.  Menggunakan 3G
Yaitu teknologi komunikasi Generasi ketiga (Third Generation) yang memungkinkan kita berkomunikasi tanpa kabel dengan keceatan tinggi. Kecepatan 3G dirancang untuk 2 Mbps. Dengan kecepatan seperti ini, maka pengiriman gambar dan suara menjadi sangat mudah dan tidak menjadi masalah. Syaratnya adalah kita memiliki Hp berteknologi 3G dan SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan 3G, dan daftarkan nomor HP kita sebagai pelanggan 3G.

0 Response to "Berbagai Macam Teknologi Akses Internet"

Post a Comment