Pengertian Backlink



Backlinks

Assalamualaikum wr.wb.
pada hari ini saya akan membahas mengenai backlink, secara singkat backlink kita lakukan untuk memperoleh page rank di blog kita, secara jelasnya mari kita simak bersama

Apa yang dimaksud Backlink ?

Backlink adalah link yang mengarah pada situs web kita dari situs lain. Dengan kata lain, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas situs tersebut. 

Jenis-Jenias Backlink

Terdapat 3 (tiga) jenis cara yang dapat dilakukan agar kita bisa memperoleh Backlink, yaitu One Way Backlink, Two Way Backlink, dan Three Way Backlink.


Pengertian Backlink
gambar: One Way Backlink

  • One Way Backlink

One Way Backlink adalah jika anda meletekkan link situs Anda pada situs milik orang lain, tetapi pemilik website/blog tersebut tidak mengharuskan Anda meletakkan link situs miliknya pada situs Anda. Mesin pencari seperti Google, sangat menyukai One Way Backlink karena situs anda dianggap sudah memiliki popularitas yang tinggi.

Pengertian Backlink
gambar: Two Way Backlink

  • Two Way Backlink
Two Way Backlink  adalah cara memperoleh Backlink dengan barter atau saling tukar-menukar link. Jadi, Anda boleh meletakkan link situs anda pada situs milik orang lain jika Anda juga meletakkan link milik orang tersebut pada situs milik Anda.

Pengertian Backlink
gambar: Three Way Backlink

  • Three Way Backlink
Three Way Backlink biasanya dilakukan oleh situs khusus yang akan men-submit situs Anda kepada situs-situs pihak ketiga. Tetapi, dengan syarat Anda harus menempatkan link situs orang lain pada situs Anda terlebih dahulu. Cara ini hampir mirip dengan Two Way Backlink. Tetapi, cara ini lebih cepat dilakukan daripada Two Way Backlink karena Anda tidak perlu lagi mencari-cari situs yang bisa diajak untuk barter link.


Usahakan Anda memperoleh Backlink yang berkualitas dan permanen. Bukan Backlink yang temporari atau sementara dan kurangi meletakkan Backlink pada situs-situs yang kurang berkualitas karena itu juga bisa mempengaruhi popularitas Anda di mata mesin pencari.

Backlink memegang peran penting terhadap optimasi SEO. Untuk dapat memiliki situs dengan SERP yang baik, tidak hanya dengan cara memiliki Backlink yang banyak dan berkualitas . Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengoptimasi SEO pada sebuah situs seperti SEO OnPage dan SEO OffPage. Backlink hanyalah salah satu cara untuk dapat menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian oleh mesin pencari. Masih banyak juga faktor lain yang mempengaruhi kualitas suatu situs di mata mesin pencari.

setelah itu kita akan mempelajari mengenai macam backlink.

Macam-macam Backlinks

   Ada dua macam backlinks. yaitu DoFollow Backlinks and NoFollow Backlinks. Kedua jenis backlinks ini diperkenalkan oleh Matt Cuts dan Jason Shellen pada tahun 2005 untuk membantu web master dalam membangun web SEO yang lebih baik.

DoFollow Backlinks

Biasanya blog yang dofollow ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau tanpa atribut. Mesin pencari biasanya menjelajah semua isi dari blog / situs. Ketika mereka akan datang pada backlink, Mereka akan memeriksa bahwa itu DoFollow Backlink atau NoFollow Backlink. Jadi jika backlink tersebut dofollow maka mereka akan mengikuti link dan mendarat di halaman web lain untuk menjelajahnya. Itulah mengapa setiap web master ingin meningkatkan / nya blog / situs 's Backlinks DoFollow dan membantu dalam meningkatkan Google PR dan Alexa Rank.

NoFollow Backlinks

Biasanya blog yang nofollow diandai dengan atribut rel='nofollow'  atau tanpa atribut. Jadi jika backlink yang dibuat dengan atribut NoFollow maka mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mensin pencari untuk mengikuti link tersebut.

Cara membuat Backlink

Cara Membuat Backlink sangatlah mudah dan tidak memakan biaya alias gratis. Begitu banyak alternatif cara buat backlink yang dapat kita lakukan, tapi pada posting ini saya hanya akan membahas cara buat backlink yang gratis dan praktis, caranya adalah sebagai berikut:


Cara-Buat-Backlink
  1. Buat Backlink dari berkomentar di blog, cara ini merupakan alternatif yang paling mudah dilakukan, karena cara buat backlink di blog dapat dilakukan hanya dengan cara mengisi nama, alamat email, dan URL situs web yang ingin kita optimasi atau diberi backlink di kotak komentar post blog yang kita kunjungi.
  2. Signature di Forum, cara ini lebih praktis lagi dari cara nomor satu, karena dengan cara ini kita hanya perlu menambahkan Website/Blog kita di Signature, lalu secara otomatis kita akan mendapatkan Backlink setiap berkomentar di suatu Thread pada forum tersebut.
  3. Directory Submission, dengan cara mendaftar situs kita untuk mendapatkan Backlink merupakan alternatif cara buat backlink yang cukup populer, karena kita hanya cukup mendaftarkan Website/Blog kita di Direktori yang berbayar seperti Direktori milik Yahoo! atau yang gratis seperti Dmoz.org, maka kita sudah membuat Backlink yang tertuju ke Website/Blog kita.
  4. Buat Sebuah Artikel, metode lainnya yang dapat kita tempuh membuat sebuah backlink adalah dengan cara membuat sebuah artikel di Direktori Artikel seperti Ezine dan masih banyak lagi, lalu jangan lupa sisipkan link yang tertuju ke Website/Blog kita.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, backlink itu adalah langkah seseorang dalam meningkatkan page rank blog,  Tetapi jangan sembarang membuat backlink. Carilah website yang berpage rank tinggi 

Sekian artikel dari saya mengenau pengertian backlink semoga bermanfaat dan terima kasih...
wassalamualaikum wr. wb. 

source : www.ghadinkz23.blogspot.com
            www.ujangyoyo.blogspot.com

3 Responses to "Pengertian Backlink"

  1. Terima kasih gan untuk sharing informasinya. Jika berkenan bisa dijelaskan lebih detail untuk melakukan upaya baklink pada Signature di Forum? Kami sedang mempraktekkan ilmu per-backlink-an pada usaha berikut: http://www.tourwisatabandung.com.

    Terima kasih dan sukes selalu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel