Kenapa Mobil Bisa Mogok Saat Melintasi Rel Kereta ?

Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan adanya berita-berita kecelakaan kereta api di Bintaro, Senin 9 Desember 2013 dan insiden itu menewaskan setidaknya 7 orang, ya setiap tahun kini kecelakaan kereta meningat setiap tahunnya.



anak-semarang-poenya.blogspot.com
Kereta Api yang Sedang Melintas

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan kereta api seperti ini dan kita seharusnya sadar dan tahu akan bahaya yang dapat ditimbulkan, dan kita tentunya harus sering berhati-hati saat di jalan.

Kejadian kecelakaan kemarin di Bintaro contohnya Truk pertamina yang ditabrak oleh kereta api, mungkin kita bisa mengambil hikmah yang sebenarnya terjadi pada kasus ini dan tentunya ada faktor - faktor yang menyebabkan kecelakaan seperti ini, dan mengapa setiap mobil yang melintasi rel kereta api bisa mogok disaat kereta mau akan lewat ? saya akan memberi pembahasannya

Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet  yang sangat kuat, medan magnetnya terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.

Jadi jika rel akan dilewati oleh kereta, maka rel akan mengalami getaran yang dihasilkan dari kereta, semakin dekat keretanya maka semakin besar frekuensi getaran yang dialami oleh rel. Telah kita ketahui sebelumnya jika rel memiliki muatan listrik, maka muatan-muatan listrik juga akan ikut bergetar akibat getaran yg dihasilkan oleh kereta dari kejauhan sedemikian sehingga muatan listrik pada rel akan mengalir semakin cepat dan akan membentuk medan magnetik di sekitar rel, makin dekat keretanya maka medan magnetik yang dihasilkan oleh rel juga semakin besar kekuatannya karena getarannya makin besar. Pada sebuah mobil memiliki suatu komponen yang bernama starter dinamo, prinsip kerja dari starter dinamo yaitu menggunakan prinsip medan magnetik. jika medan magnetik pada starter mobil tersebut terganggu oleh medan magnetik dari rel kereta api yang kekuatannya lebih besar, maka dinamo pada starter mobil tidak dapat berputar. dampaknya mobil akan mogok dan sulit untuk di starter kembali.



Starter Dinamo


 Maka dari itu kita mampu mendapat beberapa hikmah yang mampu kita petik adalah sebaiknya disaat kita melintas di rel kereta api terutama tanpa palang alangkah baknya menengok kanan dan kiri jika dirasa aman baru kita melintas.

Berikut tips dari Kepala Humas Daerah Operasional I Jabodetabek PT Kereta Api, Mateta Rizalulhaq:

Pertama, bila kendaraan tiba-tiba mogok di atas rel, dorong kendaraan Anda dari rel. Setelah itu, baru Anda mencoba menghidupkan mesin kembali.

Kedua, lihat kiri dan kanan,  bila ada kereta mau lewat, hentikan kendaraan Anda

Ketiga, jangan berebut dengan kendaraan lain. Yang lebih penting, tambah putaran mesin setiap kali melintasi rel KA.

Jika ketiga cara sudah tidak sempat dilakukan lagi lebih baik cepat keluar dari kendaraan dan menjauh, lebih baik kehilangan kendaraan daripada nyawa kita tidak selamat.

Source : perdanaap.blogspot.com

0 Response to "Kenapa Mobil Bisa Mogok Saat Melintasi Rel Kereta ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel